Fakta Bahwa Indonesia Pernah Masuk Piala Dunia

indonesia di piala duniaGelaran piala dunia 2018 telah usai, tepat di tahun ini kita memperingati pada 80 tahun silam, tepatnya 5 Juni 1938, Timnas Indonesia Masuk Piala Dunia dengan nama Hindia Belanda, untuk yang pertama kalinya menjadi tim yang mewakili benua Asia. Jadi kalau diperhatikan memang player asal indonesia zaman dulu memang sangat bagus kualitasnya sehingga kemudian masuk ke piala dunia. Hal tersebut banyak diulas dalam banyak sumber termasuk juga di agen bola terpercaya khususnya di indonesia.

Mungkin banyak diantaranya yang sudah tahu, namun masih banyak juga beberapa diantaranya yang tidak mengetahuinya. Nah bagi anda yang belum tahu, maka akan sangat disarankan untuk bisa menyimak beberapa fakta menariknya sebagaimana akan dijelaskan dalam beberapa poin penting dibawah ini:

Skuad Timnas Indonesia di kejuaran piala dunia

Ketika itu Timnas Hindia Belanda ( timnas Indonesia) diperkuat oleh pemain lokal dan keturunan bangsa China dan Belanda. Timnas Indonesia Masuk Piala Dunia dengan nama Hindia Belanda berhasil masuk pada tahun 1938 yang digelar di negara Perancis, karena Jepang yang berada di grup yang sama saat kualifikasi menarik diri.

Setelah itu, FIFA kemudian mengadakan pertandingan kualifikasi untuk Timnas Hindia Belanda menghadapi negara Amerika Serikat, yang akhirnya gagal tampil.

Saat itu Hindia Belanda yang diperkuat Sutan Anwar, Tan See Han, Achmad Nawir, Tan Ho Heng, dan Rudi Telwe akhirnya berlaga di Prancis sebagai satu-satunya wakil dari Asia.

Di Piala Dunia edisi ketiga itu, Hindia Belanda langsung menghadapai negara Hungaria pada pertandingan pertama, atau babak 16 besar. Mengingat kompetisi saat itu dilakukan dengan sistem gugur.

Dalam pertandingannya melawan Hungaria, seperti yang di kutip dari bola.com Selasa (11/9/2018), Timnas Hindia Belanda bermain dengan mengenakan jersey berwarna oranye, yang mana bila kita lihat sangat mirip sekali seperti Timnas Belanda yang saat itu memang tengah menduduki wilayah Indonesia.

Timnas Indonesia mengenakan kacamata di piala dunia

Saat itu sang kapten Indonesia, yaitu Achmad Nawir, pertama berlaga menggunakan kacamatanya saat pertandingan berlangsung. Dia menjadi pemain terakhir yang diizinkan oleh panitia untuk menggunakan alat bantu penglihatan di ajang Piala Dunia.

Timnas Indonesia kalah telak di awal laga

Saat berlaga menghadapi laga pertamanya, Timnas Hindia Belanda ( timnas Indonesia ) mengalami kekalahan telak dari Hungaria yang secara jelas memperlihatkan kekuatan yang sangat kontras. Saat itu Vilmous Kohut mampu mencetak gol untuk Hungaria di 13 menit pertama dan Geza Toldi menggandakannya hanya berselang dua menit saja. Skor akhir pertandingan menjadi 6-0 berkat tambahan masing-masing dua gol yang diciptakan oleh Gyula Zsengeller dan Sarosi. Kekalahan telak 0-6 itu membuktikan akan perbedaan kekuatan di antara kedua klub.